Sunday, April 9, 2017

Jogja Bound

Rehat sejenak dulu dari posting an Japan. Kali ini pengen cerita tentang liburan singkat ke kota Jogja di akhir Maret kemarin. Cukup 3 malam saja dan kali ini liburan nya bareng tetangga tercinta. Eh udah pernah cerita kan sebelum nya kalo alhamdulillah banget dapet tetangga super seru. Ini adalah liburan ke 2 kita setelah Lembang tahun lalu. Dan kali ini lebih niat karena durasi lebih lama sampai bikin spanduk dan kaos kembaran hihi. Nah, awal rencana liburan di lontarkan, gw dan GP udah memutuskan bakalan pergi naik pesawat. Tapi pas di tengah-tengah, mikir seru juga ikutan road trip dan kaya nya bakalan lebih on budget deh kalo bawa mobil (haha maklum saat itu pas masa krisis plus lagi keluar dana buat Jepang) jadilah akhirnya dengan formasi 7 keluarga road trip + 1 keluarga naik pesawat. Eh seminggu sebelum berangkat tiba-tiba GP ngomong "aku jadi ragu bawa mobil. Itu masuk long week end loh. Ga kebayang kalo macet dengan kita bawa 2 anak kecil" Jiaahh jiper juga ternyata dese. Akhir nya H-3 memutuskan fix naik pesawat aja. Harga nya jangan di tanya lah ya huhu itu aja udah cari yang paling murah tapi in the end bersyukur banget akhirnya mutusin buat naik pesawat karena tetangga yang bawa mobil PP 30 jam sajaaa. Ga kebayang kalo kita ber 4 terjebak di jalanan Jogja-Bekasi selama itu hahaha bisa-bisa tu 2 bocah gw kasih obat tidur.lol

Ok cukup prolog nya.

Jadi kita berangkat hari Sabtu tanggal 25 Maret barengan sama tetangga sebelah rumah yang (akhirnya) juga memutuskan buat naik pesawat (jadi ada 3 keluarga yang naik pesawat, cuma 1 keluarga flight lebih pagi). Untuk pesawat nya sendiri kita pilih Citilink yang berangkat dari bandara Halim Perdana Kusuma karena lebih dekat dari rumah. Sempet delay 15 menit akhirnya pesawat berangkat juga di iringi dengan sisa hujan dan awan mendung. Alhamdulillah 1 jam kemudian mendarat dengan cukup mulus di Adi Sutjipto. Hello Jogja! Akhirnya menapakan kaki disini lagi setelah mmhh 14 tahun? 

Dari airport kita langsung menuju hotel. Selama di Jogja kita nginep di HOM platinum daerah Gowongan dekat Malioboro. Budget hotel nya Horison. Rate nya cukup 400 ribu an/malam tanpa breakfast (sengaja ga ambil sarapan karena mau kuliner an). Dan untuk ukuran hotel budget, kamar nya luas banget dengan 2 bed ukuran 160cm, sayang ga ada kulkas. Pas nyampe hotel ga lama rombongan mobil nyampe juga (setelah berangkat dari Bekasi jam setengah 3 subuh yes). Istirahat sampe maghrib lalu abis Isya kita makan malem angkringan di dekat hotel. Selsai makan malem ga tau nya hujaaann deras. Akhirnya mutusin buat pulang aja ke hotel dan istirahat.

26 Maret
Hari ini jam 8 kita keluar hotel dan sarapan di SGPC bu Wiryo. Makan pecel buat gw dan GP. Rayhan makan sop daging. Kalila? tidur. Jadi gw bekel in perkedel, tahu dan tempe buat dia makan pas nanti bangun. Pecel nya enak, restoran nya pun besar trus ada live band gitu lumayan lah buat rombongan yang mau nyanyi-nyanyi.lol. Setelah sarapan kita langsung menuju ke daerah Kaliurang buat Lava tour Merapi. Pas nyampe di base camp Kaliurang (sekitar jam setengah 12 siang) ternyata jeep nya lagi keluar semua jadi mesti nunggu sampai sekitar jam 1 an. Akhirnya sembari nunggu kita pergi buat makan jadah tempe di deket situ. Jam setengah 1 kita balik ke base camp. Wuhuuu walaupun bukan pertama kali nya off road, tapi Merapi tour ini pertama buat gw. Kita ambil tour yang rute pendek untuk durasi sekitar 2 jam. harga sewa nya Rp 350.000/ jeep yang bisa di isi 4-5 orang. 

Karena Rayhan ga mau pisah sama Noah (anak tetangga) jadi akhirnya gw dan GP pisah jeep. GP sama Rayhan, gw sama kalila. Eh Kalila ikut? Yes! hahaha si anak bayi ini ikutan juga. Happy ga dia? Pas mulai berangkat dia happy banget kena semilir angin dan gerimis selama sekitar 5 menit an karena jeep nya kan terbuka gitu. Setelah itu? She fall asleep! Iyah tidur. Lama? Mmhh during the whole Merapi tour! Asli ini bukan gw doank yang bengong tapi juga tetangga gw yang lain. Kok bisa-bisa nya ini anak bayi tidur sepanjangan jalan. Padahal tau sendiri jalanan menuju Merapi bumpy nya gila-gila an sampe pas di hantam nerjang sungai dan basah kuyup teteeeuupp loh dese tidur padahal gw udah ampe jatoh dari kursi jeep. Kalila baru bangun menjelang kita balik ke base camp setelah tour selsai. Luar biasa lah anak bayi ini. So, jangan ragu buat bawa toddler ke Merapi tour karena siapa tau anak malah nikmatin. 

Tempat pertama yang di datangi adalah Museum Sisa Harta ku. Pas disini ternyata rombongan kepisah 2 karena disini ada 2 museum. Museum nya sendiri sebenarnya adalah rumah penduduk yang terkena dampak erupsi Merapi tahun 2010 kemarin lengkap dengan sisa-sisa barang yang kena lahar. 
aneka memorabilia



Dari Museum kita lanjut lagi ke point selanjut nya. Disini kita banyak foto-foto walaupun pada akhirnya keluarga gw ga ber kesempatan buat foto berlatarkan Merapi di semacam foto spot khas nya karena pas disini Rayhan rewel minta coklat -___- trus nangis-nangis. Kaya nya sih sebenernya dese udah bosen banget karena cuma bisa nungguin rombongan turis narsis foto-foto hahaha. Akhirnya GP yang tadi nya lagi 'bertugas' moto-moto in tetangga per keluarga turun buat nenangin Rayhan (karena gw sendiri lagi gembol Kalila yang tidur jadi susah ye mesti ngangon si kakak yang lagi rewel). Selsai dari sini kita lanjut lagi ke Bungker Kaliadem. Bungker ini terkenal dengan tewas nya 2 relawan yang terkena lahar panas saat mereka (berniat) berlindung di dalam bungker. Asli ngebayangin nya aja udah miris duluan T___T jadi gw ga kepengen masuk buat liat ke dalem. Cukup jalan di sekitar aja. 
anak cewe asik tidur ajah
baby carrier sangat gw sarankan kalau mau bawa anak se umur Kalila untuk me-minimalisir guncangan pas off road
The mystical Mt Merapi
spot foto kekinian 
Sebagai penutup Merapi Lava tour ini adalaahh menerjang air di KaliKuning. Wiihh ini super seru. Tadi nya sempet ragu karena bawa Kalila. Tapi kalo ga ikut gw ga enak sama tetangga yang 1 jeep sama gw jadi yauda hajar laaahh dan seperti yang gw bilang Kalila tetep pules yes. Akhirnya kita muter sampe 2 kali haha super seru sih disini. GP sendiri ternyata beda tempat sama kita buat main air nya. Dan kalo denger cerita nya sih, yang GP datengin ga seru ahahaha. Sayang pas disini gw ga bisa foto-foto (cem mana pula gw mau foto ya). Dari Kalikuning kita kembali menuju basecamp Kaliurang dan di perjalanan pulang akhirnya anak wadon bangun hihi nikmat banget ya nak bobo siang nya.
Kali Kuning. Pic from lavatourmerapi.blogspot.co.id
pic from lavatourmerapi.blogspot.co.id
Oh iya berbeda 180 derajat sama trip Jepang. Liburan ke Jogja ini Kalila super manis dan menyenangkan sampe para tetangga bilang Kalila paling jagoan selama trip karena semangat terus hahaha saking tahan banting nya dese di 'hantam' off road merapi tour dan terjangan gerimis hujan. Selain itu ga rewel kaya pas ke Jepang. Kalo soal makan sih emang ga ada masalah. Ber bekal pengalaman Rayhan yang lebih picky, Kalila emang lebih gw bebasin dalam hal makanan. Jadi she literally eat anything we ate during the trip. Tahu tempe bacem, Gudeg dan sebagai nya. 

mejeng dulu di jeep pinjeman
Merapi tour kita selsai jam 4 dari situ kita ke Jejamuran buat makan sore. Suka banget deh makan disini. Tempat nya besar, mushola nya juga lumayan nyaman. Disini gw beli oleh-oleh tumisan jamur kaleng. Rasa nya pun macam-macam. Gw beli rasa rendang, sambal goreng, opor dan gulai. Ada rasa semur jengkol juga! Selain jamur kaleng ada juga keripik jamur. Dari Jejamuran kita belanja batik ke Batik Rumah. Sempet nyasar ke alun-alun tapi seneng juga sih akhirnya bisa liat si famous sepeda/mobil lampu itu. Pengen banget sebenernya nyobain tapi sayang malam itu hujan gerimis. Akhirnya langsung ke Batik Rumah. Disini dapet dress buat Kalila lucu banget cuma 45 ribu. Beli buat rayhan, keponakan2, Ina mus dan mbak di rumah nyokap. GP dapet kemeja dan gw dapet outter. Pokok nya rekomen lah belanja batik disini karena motif dan bahan nya lumayan bagus. Habis belanja batik pulang deh ke hotel. 

27 Maret
Hari ini kita mau main di pantai dan karna kata nya Parang tritis udah overated jadi di rekomen pantai-pantai di daerah gunung kidul. Perjalanan ditempuh sekitar 2 jam. Di daerah gunung kidul ini ada beberapa pilihan pantai. Niat awal mau ke pantai Indrayanti. tapi mau makan siang dulu di pantai Baron eh ternyata makanan nya super lama dan karena anak-anak udah terlanjur main disini akhirnya kita batal ke Indrayanti. Untuk pantai nya sendiri kurang bagus menurut gw. Pantai nelayan gitu. Kata nya sih emang bagusan Indrayanti. Tapi kalo buat anak-anak main pasir cukup lah (tapi kalo buat spot foto ga rekomen -__- ). Di pantai Baron ini ada pertemuan air tawar dan air laut nya. Buat anak sih better main di pantai air tawar ya jadi ga gitu lengket dan tempat nya lumayan teduh. 

anak ini happy banget main arus air
entah berapa banyak pasir yang masuk mulut -__-
Puas main kita mandi dan setelah isi amunisi pop mie di warung makan sekitaran kita lanjut menuju arah pulang dan makan malam di House of Raminten. Untuk makanan nya sendiri lumayan enak, harga nya pun ber sahabat tapi kalo gw pribadi sih kurang suka sama tempat nya. Terlalu etnik dan penuh 'barang pajangan' jadi terkesan sumpek. Selsai makan balik ke hotel. Yang lain lanjut jalan ke Malioboro. GP karena udah cape jadi ga mau ikutan akhirnya gw pun di hotel aja sembari packing karena besok flight pagi jam 6. 

28 Maret
Jam setengah 5 pagi check out dari hotel naik taksi yang di pesan dari hotel. Di bandara sempetin beli oleh-oleh Bakpia Kurnia. 

IMHO setelah bandingin dengan Bakpia Kencana, Bakpia Kurnia masih jauh lebih enak. Terutama isian nya. Menurut gw (dan GP juga) rasa isian bakpia Kurnia lebih original. Jadi yang rasa keju ya beneran ngeju dan yang coklat beneran nyoklat (walaupun masih lebih ngeju dan nyoklat pia legong sih). Kalo Kencana menurut kita masih ada rasa kacang hijau nya gitu di varian keju dan coklat. Untuk tekstur nya sendiri, Kurnia tipe yang renyah (dan lebih berantakan) sedangkan Kencana tipe yang lebih 'basah'. Selain itu karena tetangga  pada beli oleh-oleh (yang kata nya) kekinian 'Jogja Scrummy' jadi gw ikutan nitip dan menurut gw sih mmhh failed banget rasa nya (gw kedapetan rasa caramel) huhuhu maaf ya buat yang suka dan nge fans (baik kue maupun sama yang punya) tapi menurut gw dan GP emang rasa nya biasa banget. Pastry nya standard dan brownies kukus nya itu sih yang ga jelas rasa nya. Rasa-rasa nanggung gitu.lol. Apa mungkin karena yang gw cobain rasa caramel ya, mungkin kalo rasa lain lebih enak.

Setelah beres beli Bakpia, gw pun beli roti dan minuman buat di pesawat. Alhamdulillah pesawat nya on time dan jam 7 pagi sampai dengan selamat di Halim. Selsai sudah liburan singkat bareng tetangga tercinta. Tapi kurang puas euy explore Jogja nya,masih banyak tempat-tempat yang pengen di datengin yang kemarin belum keturutan. Semoga bisa jalan-jalan ke Jogja lagi nanti. 



Sampai jumpa di liburan bareng tetangga selanjut nya.lol

4 comments:

  1. Wah seru banget jalan jalan sama tetangga nya mba Tissa. Kalila jg hebat yaa top deh. Jadi pengen jalan jalan ke Jogja juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa nit seru banget hihi pengalaman baru liburan bareng temen baru ;) alhamdulillah banget emang nih kalila uda mulai enak di bawa liburan..ke jogjaaa nit skrg makin banyak tempat seru nya deh, sayang kmrn aku juga kurang explore

      Delete
  2. Yaampunnn jadi kangen jogjessss! sayanggg tahun ini ngga ada rencana pulkam. btw padahal seru lohh road trip, gw waktu Qianna 5 bulan road trip ber3an aja yatapiii emang ngga long weekend sih caaa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa ca gw pun pgn bgt sbnrnya..harus nya pas Kalila kerjaan nya masih tidur-bangun-pup ya.kalo skrg mah udah akrobat ngikutin kakak nya -__- yg ada ibu berubah jd ibukota saking kejam nya wkwkwk..ntar deh gw road trip ke tasik dl buat warming up hahaha..

      Delete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails