Sunday, January 10, 2016

I was giving (another) birth

it's gonna be a loongggg post and disclaimer : ga ada maksud untuk menakuti calon ibu diluar sana yang mau melahirkan ya. After all it's all worth it anyway.

Ketika pertama kali kontrol kehamilan ke 2 ini, dr Yudianto langsung nanya "nanti lahiran nya mau caesar lagi atau mau coba normal?" yang gw jawab dengan "pengen nya sih bisa normal, dok" klise yes. Pada perjalanan nya (tsaelah) sih gw pasrahin aja. Let it flow lah. Sama kaya pas hamil Rayhan dulu, niatan awal lahiran normal tapi pada kenyataan nya harus caesar. Jadi untuk kehamilan ini pun gw akhirnya ngikutin aja gimana jalan nya. Pokok nya niatan awal sih VBAC (Vaginal Birth After Caesarian) tapi kalau pada akhirnya harus Caesar lagi yaudah. Dan di kehamilan kali ini pun problem gw ga beda jauh pas hamil Rayhan dulu. Ketuban kurang, berat badan janin rendah, lingkar perut dan lingkar kepala naik turun. Pokok nya steak, telur dan air putih best friend an banget lah sama gw. Apalagi pas usia 36 minggu ketuban gw drop di angka 8. Langsung di wanti-wanti sama GP "ayo kata nya mau lahiran normal" Alhasil 4 liter air putih termasuk pocari sweat gw tenggak selama seminggu. Alhamdulillah ketuban gw naik jadi hampir 10. Harapan buat VBAC pun muncul lagi. 

24 Desember 2015
Saat ini usia kehamilan 37w6d. Habis jalan pagi sempet keluar lendir coklat dikit. Nanya ke nyokap kata nya biasa dan ga ada rasa apa-apa juga jadi nya nyantai aja. Eh sempet urung-uringan sih karena ngerasa underwear kok basah terus. Takut ketuban rembes.

25 Desember 2015
Sehabis jalan pagi muncul lendir lagi, kali ini warna nya agak merah. Tapi karena ga ada mules jadi nya biasa. Paksa GP buat maternity photo dengan kalimat anceman "aku uda mulai mules-mules nih, kalo bentar lagi lahiran gimana??" hahaha jadilah sempetin foto-foto. 

26 Desember 2015
Lagi-lagi keluar (kali ini) darah segar habis jalan pagi. Lendir merah pun keluar lebih sering dibanding hari kemarin. Rasa mulas mulai keluar sedikit-sedikit walaupun belum rutin. SMS dr Yudianto buat nanya apa perlu ke RS dan teteepp jawaban nya "Tunggu kontraksi teratur setiap 5 menit" hahaha jadi yaudalah seharian itu gw lanjut beres-beres lagi aja (2 hari sebelum nya baru selsai benerin parket rumah selama seminggu) balik-balikin barang dari kamar bawah ke atas, pokok nya naik turun tangga, angkat barang-barang biar kontraksi makin nambah. Maklum boo dr Yudi mau cuti tanggal 2 Jan-9 Jan hahaha kan gw deg-deg an jadi nya. Takut kaya pas Rayhan dulu yang lahiran sama dokter pengganti. Jam setengah 3 sore sempet kontraksi per 5 menit selama setengah jam. Uda ge-er aja tapi trus ilang. ZzzzzZzz. Sempetin senam hamil abal-abal sambil liat video di YouTube. Jam 4 sore jalan-jalan keliling cluster. Pas jalan itu sempet beberapa kali berenti karena perut mules. Balik ke rumah jam setengah 5. Istirahat sambil ngedit foto di laptop. Mules makin teratur, dari setengah 5 sampe jam 6 kontraksi uda per 5 menit. Setelah itu setiap mules, ada darah keluar sampe akhirnya pantyliners uda ga nampung dan mutusin buat pakai pembalut.  GP ngajakin ke RS tapi gw masih ragu. Males juga kalo ke RS dan ternyata belum ada pembukaan. Tapi sampai jam 8 malem kontraksi tetep rutin per 5 menit. Berarti uda 3 jam kontraksi 5 menit nih. Akhirnya mutusin buat ke RS. Agak gw lama-lama in karena mellow mau ninggalin Rayhan haha mana anak nya uda tidur dari jam 7. Huhuhu. Sempet mikir apa besok pagi ke RS nya tapi GP bilang sekarang aja akhirnya jam 9 kurang berangkat deh. Selama perjalanan ngitungin kontraksi karena takut ge-er ya boo dan tetep sih masih per 5 menit, malahan kadang per 3 menit. Nyampe RS jam 9 lewat langsung ke kamar bersalin. Lapor suster jaga trus digiring ke salah satu ruangan. Cek dalam dan...

"pembukaan 1 ya bu" 

Eaaaaaaaaaa ngeselin abiss haha padahal ngarep nya uda bukaan besar gitu. Suster lapor ke dr Yudianto dan gw disuruh nunggu buat nentuin harus stay atau balik dulu ke rumah. Akhirnya gw disuruh stay aja karena mulut rahim uda lunak dan kepala bayi uda turun. GP pun langsung urus administrasi, kebetulan minggu sebelum nya kita udah daftar dan kamar yang kita mau available jadi bisa langsung masuk. Tapi gw tetep stay di ruang bersalin aja karena mager. Akhirnya GP pun ikutan tidur di ruang bersalin (kebetulan gw dapet yang satu ruangan sendiri). Jam 2 pagi suster masuk buat cek pembukaan dan masih 1 aja "1,5 sih bu menuju 2" yeee tetep aja 1 sus huhu. Jadi gw disuruh tidur, besok pagi baru jalan-jalan "jam 8 pagi nanti cek dalam lagi ya" Lalu lampu kamar pun dimatiin sama suster nya demi gw bisa tidur. kenyataan nya? gw ga bisa tidur sama sekali!! Gw juga ga ngerti sih padahal baru pembukaan 1 tapi kok rasa nya gini amat. Perasaan pas Rayhan dulu ga se sakit ini padahal dulu gw di induksi.  Gimana bisa tidur kalo baru mau deep sleep kontraksi uda nyerang lagi. Jadi lah sepanjangan malem itu gw cuma bisa meringis-ringis sendirian ditemenin GP yang uda ngorok kemana tau. Jam 5 pagi bokap nyokap gw dateng. GP pun melipir istirahat di kamar perawatan. Sembari ditemenin nyokap mulai deh gw jalan-jalan keliling ruangan bersalin, trus jongkok naik turun setiap kontraksi dateng. Jam 9 pagi cek dalam lagi dan "bukaan 2,5 bu" duileee mesti yeee pake setengah mulu. Akhirnya gw minta nunggu di kamar perawatan aja. Untung nya kamar gw dan ruangan bersalin 1 lantai jadi ga ribet kalo mau bolak balik. Cuma bentar di kamar gw ngajak jalan-jalan GP aja keliling RS sambil nungguin Rayhan yang lagi dijemput sama aki enin nya. 

Jam 12 an pas gw lagi jongkok2 karena kontraksi tiba-tiba ada bunyi "tus!" dari daerah bawah diikuti dengan sesuatu yang mengalir. Gw langsung ke kamar mandi dan ngeliat ada cairan kehijauan lumayan banyak. Karena takut itu ketuban akhirnya gw dan GP ke ruangan bersalin buat minta di cek. Suster ngecek sambil nempelin kertas lakmus cuma belum bisa mastiin apakah itu ketuban karena warna kertas nya belum berubah. Akhirnya cek dalam lagi dan pembukaan 3 aja dolooo -__- balik lagi ke kamar sambil diingetin sama suster nya kalo jam 2 siang mau CTG. Lalu entah perasaan gw aja tapi setelah kejadian 'tus' itu kontraksi terasa makin cepet dan melilit. Apalagi karena sebelum nya di ingetin sama suster "bu, kalau terjadi nyeri hebat di bekas jahitan caesar disertai pendarahan vagina langsung beritahu kami ya" jadi makin ter suges lah gw sama nyeri kontraksi nya. Walaupun gw masih bisa jalan-jalan dan jongkok naik turun tiap kontraksi. Nyokap bilang "mungkin pembukaan nya uda nambah tuh maka nya makin nyeri" 

Jam 2 an gw balik ke ruangan bersalin untuk CTG dan yang bikin tenang karena dr Yudianto visit. Doi mengeluarkan kalimat yang menenangkan "pokoknya saya ga ada batasan ya, selama apapun kita usahakan tunggu sampai pembukaan lengkap" eerrgghh ga nenangin sih sebenernya.lol. Gw tanya soal bunyi 'tus' itu dan dr Yudi bilang "bukan ketuban kok..td kata nya hasil lakmusnya negatif. itu lendir rahim yang pecah" abis itu dr Yudi pamit keluar. Selsai CTG cek dalam lagi dan suster bilang "pembukaan 5 nih bu dan ketuban nya uda rembes nih ya" Lalu kalimat yang keluar dari mulut gw adalah "Saya bisa minta ILA ga?" hahaha di jawab sama suster nya "Kalo dr Yudi, ILA boleh dikasih nya pas pembukaan ke 7 bu" ZzzzZzz setelah pembukaan 5 itu gw langsung stay di ruangan bersalin karena mules nya uda makin hebat. Uda ga sanggup jongkok-jongkok deh jadi gw cuma bisa nahan sakit sambil tiduran miring. Palingan kalo mau BAK aja, baru deh terpaksa gw ke kamar mandi karena ga boleh ditahan. Jam 4 mules uda makin menjadi, setiap kontraksi cuma bisa istighfar sambil melukin pinggang nyokap. Sumpah nyeri nya makin gila dan mulai lah gw meracau!

Gw : "Aku mau ILA. Ga tahan. Sakit banget"
GP : "kata suster kan baru bisa pas pembukaan 7"
Gw : "engga! K**ndy kemaren bukaan 4 bisa kok" 
GP : "sabar sayang. Tahan ya"
Gw : "Engga tahan. Sakit banget! ini sakit nya di bekas jahitan nih" (mulai ngarang)
GP : "Beneran di jahitan doank?"
Gw : "Iya" (padahal mah ga jelas nyeri nya dimana.Pokok nya nyeri semua lah)

Trus GP keluar manggil suster. Suster datang dan nanya "sakit nya gimana bu? di jahitan aja atau di semua nya?" 

Gw : "Ga tau suster. Pokoknya nyeri banget. Ga tahan. Mau ILA aja sus" 
Sus : "ILA bisa nya pas pembukaan 7 bu"
Gw : "Engga..kemaren temen saya bisa kok"
Sus : "ILA kan tahan nya cuma 2 jam. Nanti kalau dari sekarang dikasih dan belum bukaan lengkap kan sayang, bu"
Gw : "Biarin aja..sakit banget nih sus"

Trus dibiarin aja loohh gw. Siaul. Suster cuma balik lagi dan bilang "kata dr Yudi selama nyeri nya bukan di bekas jahitan aja ga pa2 kok bu" yaelaaaa sus. Makin meracau deh gw ke GP. Ga pake adegan teriak-teriak atau cakar-cakaran sih selama bukaan 5 ke atas itu. Gimana mau nyakar yeee yang di kiri kanan gw nyokap sama mama mertua. Si GP ga kebagian spot. Bokap gw dateng buat mijit-mijitin kaki gw. Pokok nya selama itu yang gw minta cuma ILA. ILA dan ILA. Pas bokap gw belum dateng sih ternyata GP cuma pura-pura keluar kamar, baru pas bokap gw muncul doi ga enak klo ga nurutin. Jadilah dia manggil suster hahahaha. Jam setengah 5 suster dateng lagi yang langsung gw cerososin "sus mau ILAAAAA" suster jawab "kita cek dalam dulu ya bu..wah bukaan 8 nih bu. Yakin mau ILA? Sayang bu dikit lagi nih" yaelaaaaa gw uda tau banget deh ni strategi. Langsung aja pokok nya gw jawab "iya pokok nya ILA" suster bales "saya lapor dr Yudi dulu ya bu" Sakit makin menggila, gw uda ngoceh terus soal ILA. Nyokap dan mamer yang ngomong "sabar..sabar" uda ga gw dengerin deh tu wkwkwk..Apalagi si GP "sabar sayang..sedikit lagi. Tahan ya. kamu mau apa? nanti aku beliin pokok nya " "Mau ILA!" "Mau liburan? nanti kita liburan deh..kamu mau kemana?" "Mau ILAAAA" hahaha see?? how painful contraction is. Lalu moment paling cetar adalah pas jam 5 sore

Sus : "wah uda bukaan lengkap nih bu" 
Gw : "dokter Yudi mana sus? udah ga tahan nih. Pengen p*p" 
Sus : "iya dokter Yudi uda kita tlp kok bu..uda keluar dari bioskop. Bentar ko deket sini, paling bentar lagi sampai" 

Blaarrr emosi memuncak..booooo kok sempet-sempet nya dr Yudi nonton!!! hahaha uda makin meracau deh gw "sakiittt..ga tahan. Mana sih dr Yudi??" sumpah ya itu rasa nya kaya ada yang dorong-dorong dari dalem bawah sana. Jam setengah 6 akhirnya dr Yudi dateng huhu (pake ngomong "wach saya baru setengah jalan td nonton Star Wars nya" gileee lu dok) akhirnya dimulai sesi ngeden. Gw..yang ga pernah tau gimana ngeden ternyata bisa juga ngeden yang bener. Tapiiii bayi nya ga keluar-keluar. Entah berapa kali gw ngeden, uda segala semangat dikeluarin sama nyokap, mamer, GP, suster, dokter tapi tetep aja si bayi ga keluar. Uda sampe difotoin sama GP "nih ta rambut nya adik uda keliatan nih. Ayo yang kuat ngeden nya" trus nyokap gw pake ngomong "de ayo yang kuat..tuh lagi azan maghrib  Bagus kan lahiran pas azan"  wkwkwk but after 24 hours contraction and no sleep at all, i've got no energy left behind. So after push for half an hour i decided "Ga kuaaattt..vacum aja dok. Uda ga kuat. Cape banget" jawaban dokter Yudi "Kuat bu..ayo yang lebih semangat ngeden nya. itu bayi nya lagi berusaha loh. Fifty-fifty ya..ibu 50, bayi 50. Ayo pasti bisa kok" Gw ngeden lagi but i failed. Sumpah gw uda bener-bener lemes banget saat itu. Uda di minumin air campur madu tetep aja ga bikin gw semangat. Pokok nya selama setengah jam kemudian gw cuma minta vacuum. Setiap gaggle ngeden pun doopler langsung dipasang buat mantau detak si bayi. Akhirnya setelah 1 jam, dr Yudi kasian juga sama gw dan berhasil lah gw minta vacuum. Saat alat dipasang dr Yudi cuma bilang "saya ga akan usaha narik ya bu, alat ini cuma bantu. Selebih nya tetep tergantung usaha ibu" dan berusahalah gw ngeden sekuat-kuat nya dan sumpah demi apapun. Kontraksi bukaan 10 kaya nya ga ada apa-apa nya pas kepala (atau mungkin bahu) si bayi keluar. Percayalah gw uda ga mikir sakit apapun saat itu yang penting si bayi cepetan keluar. 

Dan Alhamdulillah 27 Desember 2015 jam 18.33 Kalilaputri Dwi Pelingkan lahir dengan selamat ke dunia. With 2,9 weight and 48cm height. All the painfull of contraction was gone. Tapi tetep nyeri-nyeri pas dijait berasa. Dan gw kan langsung pasang IUD saat itu jadi berasa banget yeee pas dr Yudi masukin IUD nya. haha walaupun dr Yudi bilang "Fokus sama bayi nya ya bu, saya pasang IUD sekarang" tetep aja ngilu. Plus pas placenta dan darah beku gw diambil-ambil. Hihi..tapi akhirnya bisa ngerasain IMD beneran selama 1,5 jam. Dan yup Alhamdulillah akhirnya berhasil VBAC. I am soo proud of my self (cerita nya kasih penghargaan buat diri sendiri-brb nagih janji liburan sama GP) dan aku terharu juga sama GP yang setia nungguin proses gw lahiran padahal doi suka enek dan muntah kalo liat darah eh ternyata demi anak nya dia bahkan video in seluruh proses nya. Kecups dulu donk, ah (gih sana cepetan pesen tiket pesawat)

Oh ya dr yudianto bilang "Nah..bisa kan normal. Nanti kalo mau yang ke 3 proses nya bisa lebih cepet nih" yang langsung gw jawab "ENGGAAAA!!! 2 aja cukup" hahahaha

So this story is for you my sweet little angel.

si anak bayi yang gol darah nya beda sendiri sama mama papa dan kakak nya hihi

16 comments:

  1. Aku ga berani baca semua ceritanya. Soalnya ngiluan anaknya. Hehehehe gak kebayang nanti hamil dan ngelahirin sendiri gimana ya.

    Syukurlah ibu dan bayinya sehat. Dua anak aja cukup ya. Hehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe jangan dibayangin ntar malah pusing..iyah yang penting sehaatt..2 anak cukup hihi ketek mama nya cuma 2 soalnya

      Delete
  2. abis ini fix tutup pabrik ya Tis! hahahahaha
    giliiiiing baca cerita lo fix lah gw anak kedua cesar lagi! cemen.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha pendukung program pemerintah lah pokok nya 2 anak cukup..

      Delete
  3. bacanya degdegan sumpaaah! hahahahaha horor2 gimana gt. doain gue dong hamil tahun ini. gagal muluk nih *terselip curhat* HAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiinnn..pake ovutest buniiii biar pas masa subur nya hihi *pengalaman pribadi*

      Delete
  4. Halo mbak..salam kenal..seru bgt cerita lahirannya. Inget waktu aku lahiran jg.minta ila ga dikasih kasih,kata susternya tanggung bu.. Dan akhirnya sanpe pembukaan komplit ilanya ga jd deh hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak salam kenal juga..hihi iyaa pasti sengaja emang tuh diulur2 biar ga pake ILA.

      Delete
  5. Selamat ya mba, komplit sudah permata hatinya

    aku aja yang lahiran pertama normal pake induksi masih jiper tiap kali baca cerita persalinan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi nicha :) hihi tp selalu seru klo diinget2 yaaaa...

      Delete
  6. hahaha.. lucuu banget cha *sok akrab
    Akupun lahiran anak pertama ga sama dr. Yudi krn dokternya lagi keluar kota dan anak kedua Alhamduillah 'jodoh' bisa lahiran sama beliau, itu juga pake induksi karena ketuban pecah dini. Mulesnya berlipat2 ternyata kalo induksi, sempet nyerah minta SC sama suami tp ga boleh :p tapi kok ga kepikiran sama sekali buat ILA ya waktu itu. Dan akhirnya begitu lahir juga langsung minta pasang IUD aja. hehe..
    Anyway, selamat ya untuk kelahiran anak keduanya :) Jangan kaget juga kalo si kakak awalnya jadi cemburuan dan rewel

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai erly..wah kita sesama gembleng an nya dr yudi ya hihi..he's my fave kind of obgyn deh. iyaaa yang ke 2 ini pun sempet deg2an banget karna dr yudi mau ada rencana cuti tp alhamdulillah bisa lahiran sama doi. hihi krn yg pertama caesar jd ga tau rasa nya pasang IUD baru deh pas yang ke 2 ini berasaaa banget..

      anw makasi yaaaa..

      Delete
  7. Halo mba, lam kenal yaaa.. menarik bgt cerita'nya persis yg aku alami, tp akhir cerita'nya di caesar krn dah ga kuat bertahan di pembukaan 5 trs padahal dah induksi maklum anak pertama,sedih seh ga bisa normal.. tp btw kl sebelum'nya di caesar emang mules'nya di jahitan'nya yaa mb.. oia anw selamet yaa wat kelahiran normal'nya, moga putri'nya jd anak yg shalehah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay santy salam knal juga :) dulu pun aku krn anak pertama jadi pas akhirnya disuruh caesar langsung iya aja hihi yang penting anak lahir sehat selamat ya. sejujur nya sih krn sebelum nya ga pernah ngerasain mules di atas pembukaan 2 jd aku ga bisa bandingin..haha udah ga tau itu mules di bekas jaitan aja atau mules di semua nya..

      anw makasi yaaa amin amin buat doa nya :)

      Delete
  8. duuhhh..terharu baca ceritanya,,berasa mau nangis loh :,) luar biasa yahhh perjuangan melahirkann..
    anw, salam kenal..4 bulan lalu saya abis sc, dan berencana anak kedua nanti mau VBAC, smoga bisa yah kaya mbaknyah..hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahh lagi ribet-ribet nya ngurus bayi juga nih hihi..salam kenal juga :)

      selama ga ada komplikasi kehamilan pasti bisa kok VBAC :) tapi mau gimanapun cara lahirin nya yang penting anak lahir sehat sempurna yaaaa..

      Delete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails