Wednesday, March 18, 2015

Please Do Respect

Sebenernya gw ga pengen banget kesel-kesel dan bete-bete an di Blog. Tapi hati ini KZL. Sungguh. Ter-inspirasi dari feni yang udah duluan berkeluh kesah soal 'artwork' nya jadi gw mau juga ber-kesal kesaalll. 

Beberapa hari lalu gw menemukan 2 buah foto (yang gw yakini) milik gw has been using by unknown and even posting them to h** Instagram feed. Jadi salah satu jaringan hotel (yang gw follow instagram nya) mem posting sebuah foto 'hasil' tag an seseorang. You can tell lah hasil foto yang lo bikin sendiri pasti bisa dengan cepet lo kenali. Pas liat gw kok ngerasa familiar banget sama foto nya. gw buka lah IG orang ini and there i saw another familiar photo. Saat itu gw ga mau su'udzon jadi gw buka lagi foto asli gw dan gw bandingin. Dan yes gw percaya kalo itu emang foto gw!!! gw kasih liat GP dan dia bilang "iya bener ini foto kamu" Rasa nya?????Kesel! Gw tau kok konsekuensi dari bikin blog dan posting foto milik kita di media ya lo harus siap untuk hal-hal kaya gini. But please do respect other people work. Kalo emang lo mau pake foto orang lain se engga nya lo bisa minta ijin ke si pemilik atau kasih credit title.

Emang yakin cha itu foto lo? i am 100% sure. Iya emang objek dan view foto itu adalah view sejuta umat yang bisa di capture semua orang yang (emang beneran) kesana. Bisa aja kan dia moto dengan sudut yang sama. Yes..emang bisa! tapi lo ga bisa ngebohongin alam di sekeliling nya. Menurut lo mungkin ga sih foto yang di ambil 7 bulan yang lalu bisa punya kondisi langit dan laut yang sama dengan 3 hari yang lalu. Sama disini bener-bener sama. Letak dan ukuran awan-awan nya, ombak di laut, pohon sampai bayangan nya. Beda nya cuma crop dan edit warna aja. 

Gw ga akan posting foto yang gw maksud cuma buat pembenaran gw. Yang pasti foto tersebut gw posting di blog 7 bulan lalu. Ga pernah gw posting di media lain so whoever you are, you must drop by to my blog and copy-ing those photos. Gw emang bukan fotografer, bukan orang terkenal juga but Please please do respect.

Sebenernya ini bukan pertama kali nya foto gw di'ambil' oleh orang lain. Gw ga masalah kok ada yang make foto hasil capture-an gw selama bukan buat komersil ataupun buat di 'akuin' itu hasil foto nya. Huhuhu jadi pengen private blog aja deh kalo gini -___-

6 comments:

  1. Iiih.. Emang ngeselin kok orang2 yg doyan sembarangan comot foto. Akupun pernah ngalamin. Parahnya ini foto karyaku, sama dia di ambil, trus dipake buat jualan di facebook! Yasalam. Itu dongkolnya sampe 2 minggu. Mana si orang yang nyolong pas dikonfirmasi nggak mau ngakuin dan nggak mau ngehapus. Plus FBku diblock. KZL kuadrat. Waktu aku uber lagi lewat sms, dia tetep nggak mau hapus karena rugi. Dia bilang foto itu dia dapet dari CD yang dibeli dari seseorang di Bandung dengan harga 5jt. Cerdas banget nggak sih alasannya. *garuk tembok*
    I feel you... >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun kasus kamu lebih nyebelin lagi sih T___T sampe dipake buat jualan. Padahal kamu uda ngomong ke orang nya mana pake di block segala FB nya padahal yang salah juga bukan kamu..

      aku ga kenal sama sekali sama orang yang ambil foto aku dan males juga mesti negur. Dengan dia bisa blogwalking dan ambil foto dari blog aku berarti mungkin suatu saat bakalan baca posting an ini dan 'kesentil' ya huhuhuhu..

      Delete
  2. Hi Mbak Tissa,
    Aku pernah ikut blog workshop dari Female Daily. Salah satu pembicaranya adalah Marischka Prudence (travel blogger). Saat sesi pertanyaan ada yang nanya, "bagaimana menghadapi pencurian foto dari blog?".

    Yang mengagetkan Pru cuma jawab, biarin aja. Menurut Pru kalau orang itu nantinya malah jadi terkenal karena foto2 kita, sama aja akan membuka aib dia. Lama-lama ketauan kok kredibilitas dia. Kira-kira sih penjelasannya seperti itu. Bahkan Pru juga gak pernah kasih watermark di foto-fotonya.

    Ha! Kadang satu sisi kesel juga ya. Gak rela, karya kita diakui orang lain. Dan berani-beraninya dia share ke media lain. Aku memang belum pernah ngalamin hal serupa sih, Mbak. Tapi pengen bisa secuek Pru kalau ngadepin hal serupa (amit-amit sih tapinya hehehe).

    So sorry to hear your story. Semoga gak ada perilaku gak sopan kayak gitu lagi yaaa :)

    Salam,
    Lia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa lia sekarang sih kesel nya uda reda karena mau diapain juga nama nya cyber ga bisa ditahan ya. Maka nya akupun juga ga negur orang nya langsung habis emang bener2 random banget ga tau dia itu siapa..biarin aja deh semoga sih ke depan nya dia ga kaya gitu lagi hehehe..

      thanks ya lia..

      Delete
  3. Siapa orangggnyyyya? gosipan dong kitaaa.. udah lama ngga chat hahhahahaha.. lain kali lo watermark aja caa foto2 loo.. *ribet deh tuh jadinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha gw pun ga kenaalll..tp skrg uda mereda lah kesel nya walopun ttp bete tiap liat postingan hotel yang gw follow itu haha it always reminds me of that..ayo laahhh nge kokas lagi kitah ketemuan wkwkwk..

      Delete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails