Monday, April 21, 2014

That's my boy

Anak baik budi mau 11 bulan akhir April ini wohooo. Akhir bulan depan anak ku 1 tahun (terharu). Mau cerita perkembangan si bocah selama usia 10 bulan ini. haha sengaja nge post sekarang mumpung mood nge blog lagi menggelora.
  • Yang di tunggu akhirnya datang..iyeess finally his teeth is coming out. Emak nya terharu secara uda lama ditunggu kok ni bocah 'ngompong' melulu. di 10m2w akhirnya keluar juga itu gigi sebiji and selayak nya ibu menyusui lain nya. It hurts me so well. Anak bayik punya gigi sakit mamaahhh. Jumpa Lagi dengan Maisy disini dengan Medela Nipple cream *elus-elus p*ting*
  • Lagi hobi banget ngomong "apah" dikit-dikit "apah" udah kita jawab pun selalu dibales dengan "apah", di omelin pas doi gigit put*ng pun "apah" krik krik..
  • Doing so well using straw. Good boy.
  • Uda bisa disuruh 'kiss' and will doing that with a sound "eeuummaaahh" (ini si ina yang ngajarin loh hihi)
  • Tapi susah banget klo disuruh nyium papa nya. Kalo GP bilang "Rayhan kiss papa donk" si bocah malahan nge geplak muka papa nya ato malingin muka. hahaha..geli kali dia ya papa nya brewokan ato mungkin dia inget jaman masih bayi banget suka di isengin sama papa nya pake brewok nya sampe muka si bocah merah-merah.AKhirnya kalo sama papa nya main "toosss" aja deh.
  • Kalo dinyanyiin "tik..tik..tik bunyi hujan" dia akan ngikutin dengan "cik..cik" dan lagi-lagi ini ajarin si Ina..haha..
  • Kalo main sesuatu dan barang itu masuk ke kolong, si bocah bakalan tengkurep buat ngintip ke dalem..lalu berakhir dengan nangis karena saking semangat nya tengkurep dari posisi ngerangkak nyasar lah itu kepala 'nyium' lantai. Tapi setelah nya bakalan tengkurep pelan-pelan sambil "mmuuah..mmuaahh" nyium-in lantai (bocah jorookkk)
  • Ngerangkak nya uda kaya curut!! cepet banget. Harus pasang pengaman buat di tangga.
  • Di hibahin Fisher Price walker yang buat di dorong-dorong itu. Punya kaka' Ghazi nya. Yang ada malah suka di panjatin itu walker..ZzzZzz..
  • Uda khatam banget lah kepala sama muka pentok sana sini. Baik kepentok sendiri maupun ga sengaja mama papa nya mentok in kepala anak nya, sering nya sih pas di mobil..ehehehe..
  • Doyan banget mainin sandal rumah mama nya. Kalo liat sandal gw nganggur langsung bergerak secepat kilat.
  • Uda mulai suka gemes-an. Suka tiba-tiba mengepalkan kedua tangan sambil bilang "eerrghhh" dan ekspresi muka nya minta ditoyor banget. Ato klo lagi digendong dan pengen sesuatu tapi dilarang bakalan 'nyium-nyium' gw. Antara nyium sama gemes pengen gigit gw rasa.
  • Kalo denger musik suka gerak-gerak in tangan. Agak telat yeee jangan-jangan ni bocah ga ada bakat musik kaya emak bapak nya.
  • Belum tertarik sama game/tontonan baby/kids di Ipad/HP/TV. Kalo dikasih liat pun ga peduli. Lebih seneng dikasih aneka kabel, uang logam atopun benda-benda 'sampah' lain nya. Paling hobi main di depan kulkas kamar sambil nyabutin frame foto magnet dan ngacak-in semua barang di atas kulkas. ZzzzZzz. Hi-Tech dikit donk nak.
  • Gw dan GP sepakat mau 'natar' si bocah biar bisa 'lepas' dikit dari mama nya. Susah bookk tiap lagi digendong sama orang lain begitu tampang gw keliatan, si bocah langsung mewek minta ke gw. Sampe-sampe gw suka 'diusir' sama orang lain yang mau gendong Rayhan. hahaha
Tapi highlight dari semua nya adalah...

The crankiest time is about to beginning

Sumpah.

Ini anak lagi rewel ga ketulungan. Paling hits sih pas kapan itu ke mall sok-sok an bertiga an aja. Di mall kerjaan nya ngoceh dan teriak ga jelas. Di dudukin di stroller malah nge gelesor turun ga mau dipakein seat belt. Pusing setengah mati sampe rasa nya pengen ninggalin si bocah aja trus ngopi di coffee shop. Lalu keinget "apa gusi nya gatel ya karena tumbuh gigi" akhirnya kita becandain sampe tenang, dudukin lagi di stroller dan kasih buah potong. 

BERHASIL. Bocah nya anteng gerogotin buah. Emak bapak nya bisa santai jalan. Udah lama kemudian gw ngecek snack tray, melon nya mulai habis. langsung gw lari ke supermarket beli buah potong dan biskuit bayi. Bener aja, pas balik si bocah lagi di gendong sama GP "anak nya ngamuk, buah nya abis" Langsung gw sodorin biskuit dan dudukin lagi di stroller. Sibuk lagi doi gigitin tu biskuit. Yassalaammm. GP uda wanti-wanti "sabar ta..sabar..Disini lah kesabaran kita sebagai orangtua di uji" sambil ngibas-ngibas "Agustus kan mau Mbali kita" yang ada makin pusing ngebayangin si bocah yang (hopefully) uda bisa lari-larian nanti. Makin encok emak nya.

Tapi diatas semua penderitaan keriwehan itu. Ini anak sebenernya manis kok. Sekarang udah murah senyum kalo sama orang lain. Di manapun pun selalu bikin orang ketawa karena doi hobi banget senyum kalo diliatin. Huhu..emang ya dibalik semua ke stres an orangtua selalu terselip kebahagian akan anak. 

Bahagia selalu ya anak ku.

Saturday, April 19, 2014

This and that mengisi rumah baru

Keuntungan yang paling dirasakan oleh pasangan baru menikah yang tinggal dengan orangtua adalah hidup santai tanpa (terlalu) mikirin tetek bengek urusan rumah. Dari mulai urusan makan, bersih-bersih dan belanja kebutuhan RT sehingga penghasilan yang diperoleh bisa di tabung untuk keperluan di masa mendatang. Dan ini lah yang gw dan GP rasain banget waktu akhirnya kami memutuskan untuk tinggal sendiri dan belanja kebutuhan mengisi rumah. Selain itu ternyata waktu masih tinggal sama orangtua tanpa disadari kita berdua suka nyicil beli barang-barang yang awal nya terasa 'menuhin' kamar tapi malah jadi berguna pas punya rumah sendiri. Let say TV dan perangkat stereo, vacuum cleaner, meja kerja, kulkas, kompor gas, kursi baca, rak sepatu dll jadi saat semua barang itu 'pindah' terasa ga kosong-kosong banget deh tu rumah baru. 

Tabungan lebih inilah yang akhirnya bisa kita pakai untuk melengkapi furniture rumah karena ternyata furniture rumah yang bagus dan kece itu mahal-mahal jendral! jadilah pas mulai tinggal sendiri itu kita membully tabungan dan atm. Karena membeli isi rumah saat sudah tinggal sendiri itu juga dibarengin dengan belanja kebutuhan dapur kaannn. Alat pel, cairan cuci piring, detergent, piring, gelas, gas, air galon. Belum belanja kebutuhan makan 4+1 bayi di rumah. Not to forget bayar uang lingkungan dan beli listrik di PLN. itu aja? Nooo..jangan lupa cicilan KPR dan KPM setiap bulan nya. Pokok nya berasa banget deh pas awal-awal itu. 

Sekarang? masih sih..tapi uda mulai bisa sedikit me manage. Uda tau rata-rata pengeluran belanja ke pasar seminggu, berapa rata-rata pengeluaran bahan makan nya Rayhan yang sampai sekarang masih beli nya di supermarket. Mulai memaksakan diri untuk ga males-males an nyatet pengeluaran biar tau duit kepake buat apa aja. Lalu shock sendiri begitu tau kenyataan kalau pengeluaran rumah tangga gw besar sekali. Gimana bisa nabung ini? haha 

Kalo kaya gini gw bersyukur banget kerja di perusahaan sekuritas sehingga sedari dulu uda membiasakan diri buat investasi (walaupun ada beberapa investasi yang harus kita 'jebol' untuk beberapa keperluan) tapi selama 2 reksadana dan 1 rekening saham masih berdiri kokoh seengga nya gw masih bisa napas deh (jadi curcol). Terimakasih buat auto debet reksadana di kantor jadi gw ga pusing lagi mikirin 'nabung' tiap bulan nya-yang walaupun ga seberapa tapi lumayan lah. Yang mau investasi reksadana boleh loh di kantor gw. Reksadana kita uda dapet bintang 5 dari Morning Star Inc (iklan terselubung)

Anyway, selayak nya pasangan yang lagi seneng-seneng nya tinggal di rumah baru. Gw dan GP pun jadi hobi banget hunting furniture dan pernak pernik rumah. Well, pernak pernik nya bagian gw sih, GP ga ngurus sama yang begituan. Temenan banget lah pokok nya sama Ace Harware, Informa dan teman-teman nya. Apalagi di Instagram banyak banget online store furniture dan home accesories. Bikin dompet (dan jantung) kembang kempis tiap liat yang lucu-lucu. Tapi ya selucu-lucu nya printilan tetep aja ya furniture besar yang harus diutamakan. Jadi apa sih barang-barang 'utama' yang gw dan GP beli (dan punya) dalam rangka mengisi rumah baru kita
  1. Gordyn dan Vitrase - for the sake of no aquarium look alike house. Benda ini adalah must have item bahkan prioritas utama bagi kita. Kecuali kalo mau nutup jendela pake kain/kertas koran (percayalah.temen gw ada yang melakukan nya dengan koran dan kalender). Keliatan sepele ya tapi harga gordyn itu ga murah ternyata. Emang sih jendela di lantai bawah kita pakai bahan black out dengan pertimbangan lantai bawah kan lebih ke area umum sehingga lebih enak dilihat kalau ada tamu. Karena bahan nya tebal jadi akan lebih awet juga (biar ga usah ganti-ganti gordyn dalam jangka waktu lama). Bahkan karena pas di total keseluruhan jendela harga nya sama kaya Bugaboo Cameleon (lol) kita mengurangi beberapa penggunaan gordyn seperti di kamar Rayhan (karena belum ditempati) dan jendela di depan kamar utama (dengan pertimbangan jendela bagian itu ga terlalu krusial) lalu sepakat memakai vitrase dulu saja sampai nanti butuh dipakaikan gordyn. hihi
  2. Jet Pump + toren air - layak nya perempuan (apa gw doank ya) gw awal nya ga peduli banget sama barang ini!! sungguh! mana lah harga barang+pemasangan+pipa nya lagi-lagi sama kaya harga cameleon (ini kenapa bandingin nya sama stroller mulu ya) tapi seperti layak nya bapak-bapak, GP peduli banget sama hal-hal kaya gini. Apalagi dari developer cuma dikasih pompa biasa dengan kedalaman 10-20 meter. Ngobrol sama tetangga yang lebih dulu tinggal pun semua nya menyarankan untuk pakai jetpump dan dalamin pipa. Jadi beli lah jetpump merk Sanyo dan dalamin pipa sampai 60 meter. Alhamdulillah pompa ini dibayarin sama mertua. Rejekiii. Untuk toren air karena lagi-lagi dari developer cuma dapet toren ukuran 500 liter dan GP ngerasa kurang jadi beli lagi toren ukuran 700 liter. 
  3. Tempat tidur - ini termasuk barang krusial nih. Ga mungkin kan tidur di lantai. Untuk tempat tidur, GP bawa si spring air 180 nya dari rumah ortu nya hihi..lumayan ya boo daripada beli lagi. Dari rumah gw di Jatiasih (byebye rumah) dulu ada kasur comforta ukuran 160 dan kita taro di kamar Rayhan (hemat ga usah beli kasur sampe Rayhan kuliah haha). Rumah kita ada 4 kamar (+1 kamar pembantu) 3 kita jadiin kamar tidur, 1 dijadikan ruang kerja nya GP. Di kamar bawah karena ukuran juga ga terlalu besar  kita beli kan kasur ukuran 100 yang ada kasur tarik bawah nya. kamar itu diperuntukan untuk tamu dan kamar tidur Rayhan kalo siang. Oh iya beli kasur 120 juga dink buat si krucils, kasur nya yang murah meriah aja merk intiland harga 900 ribu hihi. Buat kamar krucils sih isi nya cuma kasur, rak olympic 2 biji buat tempat baju mereka, cermin panjang sama kipas angin gantung.
  4. AC - Kita pilih merk Sharp yang inverter. Emang sih harga beli nya lebih mahal dibanding AC split biasa tapi kan kata nya hemat listrik jadi ok lah. Beli nya di Hartono Pondok Indah karena harga nya jauh lebih murah dibanding Electronic City ataupun Electronic Solution. Untuk AC kita baru pasang di kamar utama (which is kamar tidur gw dan GP), kamar tamu bawah dan ruang kerja GP. Kamar Rayhan? nanti aja yaa tunggu kamar nya ditempatin.
  5. Meja Makan - sebenernya dari rumah jatiasih kita bawa meja makan yang mana meja makan itu juga lungsuran dari ortu gw. Cuma itu meja makan bener-bener ala kadar nya karena mini dan uda rada lapuk juga kayu nya. Kursi nya pun cuma tinggal 2 jadi kita beli lagi meja makan baru. Browsing dan hunting cari yang bagus (dan murah) itu emang butuh waktu ya. Akhirnya kita nemu meja makan (with 6 dining chairs) simple tapi bagus dengan harga yang lumayan di Home Solution Mall Artha Gading. Warna nya dark choco dengan bahan kayu mahoni. Ukuran normal 160cm dan bisa dipanjangin sampai 190cm. Lumayan kalo ada acara di rumah kan.
  6. Lemari pakaian+nakas+meja tv - ini gw gabungin karena kita bikin di satu tempat. nama toko nya lupa, yang pasti pas lagi jalan sama GP ke Mega Mall Bekasi (aciyeee anak Bekasi banget yeee) kita nemu 1 bagian di lantai 3 yang kaya pameran furniture gitu. Iseng-iseng liat trs tertarik sama 1 toko. Nanya-nanya lalu deal  lah kita dengan pesen lemari pakaian custom. Hasil nya? KECEWA. Untuk nakas dan lemari TV sih masih acceptable lah ya. Tapi untuk lemari pakaian? Finishing nya berantakan parah. Pertama kali dateng shock karena lemari pakaian nya bener-bener kaya abis kena banjir. kotor tanah, hasil HPL nya terkelupas di sana sini dan pintu dorong nya ga ada stoper nya di kedua ujung. Komplain lah dan minta diganti. 2 minggu kemudian datang lagi and it did not changed. Hasil nya sami mawon, masih dengan kelupasan HPL dimana-mana. GP telpon langsung ke pemilik toko dan dijawab dengan "ya abis gimana donk pak, showroom kita kena banjir soalnya" So?? haha gila ngamuk banget lah. Urusan banjir gimanapun juga bukan alasan buat toko bikin produk jelek donk. Kalo jelek nya bisa di tolerir sih masih ok. tapi ini kan parah banget. Jadi kita ga mau tau pokok nya lemari nya minta diganti. Akhirnya pemilik toko nyerah dengan bawa pulang lagi lemari nya dan minjemin kita lemari display untuk sementara. 2 minggu kemudian lemari kita dateng dengan hasil yang..yaa pokok nya uda cape komplen lah dan terpaksa nerima hasil nya walopun gondok setengah mati. Ini pun berlaku juga untuk..
  7. Sofa - ini juga hasil perburuan di toko yang sama. Awal nya emang GP lebih milih untuk beli jadi aja. Tapi gw coba bilang untuk bikin aja dulu siapa tau bagus. Kan lumayan harga nya murah (istri demen kan yang murah-murah) Jadi kita coba bikin sofa L warna coklat dengan bahan kain Ateja. Setelah dateng GP kecewa berat karena ga sesuai harapan. Bentuk nya beda dan busa nya pun keras. Pertama nya gw masih meyakinkan kalo lama-lama mungkin tu sofa akan enak. Tapi GP uda keburu bete jadi akhirnya dia berburu sofa baru di Informa. Setelah berhari-hari hunting dan browsing kita coba untuk ke Ashley Kemang. Ashley ini sebenernya Informa tapi kaya merk sendiri gitu. Dan emang ya harga tu suka ga bohong. Produk di Ashley emang lebih bagus dan pilihan nya banyak. Gw sampe pusing sendiri milih nya karena pilihan nya bagus-bagus. Awal nya kita sreg sama sebuah sofa 3 seater dengan model 2 dudukan. gimana ya..jadi dudukan nya 2 tapi lebar jadi untuk 3 orang. warna hijau gelap. baguss dan motif bantal nya juga lucu ehh tau nya uda di DP orang. Huhu..akhirnya pilih yang lain dan memutuskan untuk beli sofa 2 seater aja ditambah dengan single chair idaman gw..haha. Dan GP pun berseri. Note : klo punya suami model begini, pasrah in aja deh mau nya dia apa daripada bawaan nya misuh-misuh sendiri xp 
  8. Lemari serba guna - ini dibeliin bokap nyokap gw. Awal nya lemari (sstt ini sebenernya rak sepatu loh di Informa nya) ini dibeli buat naro microwave di deket meja makan. Tapi memutuskan naro microvawe di dapur aja. Lemari ini kita pake buat taro peralatan makan (piring,gelas,sendok garpu) serta berbagai macam cemilan dan obat-obatan.
  9. Dispenser - Beli di Hartono model galon bawah merk Sharp juga. Warna nya putih karena warna lain lagi out of stock. untuk dispenser rada kecewa juga beli disini sih, entah siapa yang salah karena ternyata salah satu komponen nya ada yang patah pas barang nya dateng jadi pintu dispenser nya rusak gitu. Nanya sama Hartono disuruh langsung ke Sharp nya aja untuk minta ganti spare part..ya sudahlah kapan-kapan aja komplen nya.
  10. Mesin Cuci - Beli nya lagi-lagi di Hartono. Mesin cuci front loading merk Electrolux dengan kapasitas 7kg. 
  11. Kompor gas - ini beli dari jaman belum punya rumah sendiri. Kompor gas merk Rinnai hihi..pengen nya sih Modena yang kompor tanam ya, lengkap dengan cooker hood nya tapi karena masih dapur kotor jadi it's ok lah.
  12. Microwave - Microvawe alhamdulillah dibeliin bokap nyokap. Merk Sharp soalnya di ES deket rumah ga banyak pilihan sih.
  13. Lemari dapur - bukan kitchen set. karena untuk sementara dana belum mencukupi buat bikin. Lemari dapur ini pun pemberian dari bokap nyokap gw. Lumayan banget buat nyimpen peralatan masak. Dapur juga jadi lebih rapi. Beli nya di toko furniture dekat rumah dengan kisaran harga 1,5-2 juta.
  14. Lemari buku - ini idaman banget karena gw pengen mindahin semua buku (bohong..komik kok yang mau dipindahin) dari rumah ortu. Lemari buku ini pesen di www.mebeltomo.com dan worshop nya mereka nun jauh di pasuruan sana. Kenapa niat banget pesan jauh-jauh? karena rata-rata harga furniture kayu solid di Jakarta dan Bekasi uda mahal. kalaupun murah pasti bukan kayu solid. Sedangkan gw pengen barang yang awet. Akhirnya bela-belain pesan di daerah jawa. Gw berani pesan di sini karena temen udah pernah pesen sebelum nya. Mereka terima custom juga jadi gw kasih contoh rak buku yang gw pengen (hasil nemu dari google). Bahan nya jati muda dengan cat duco. 
  15. Meja Rias - Pesan di mebeltomo juga. Model nya yang ada di website mereka aja. bahan nya jati muda dengan cat duco. Overall gw puas dengan pelayanan mereka. Respon email dan sms selalu dibales walaupun emang pengerjaan nya lamaaaa banget hampir 3 bulan dari mulai gw pesan (padahal kalau di web mereka bilang pengerjaan produk adalah 15 hari) mereka bilang karena mereka adalah usaha mikro yang sangat bergantung pada cuaca. Mereka pun minta maaf atas lama nya pengerjaan. Kalo musim kemarau mungkin lebih cepat ya. Tapi sebanding kok sama hasil nya. Finishing nya rapi, beda sama lemari pakaian (huh). note : di daerah jawa banyak banget toko furniture yang murah dan bagus (berdasarkan hasil browsing ya) mereka juga rata-rata punya website. salah satu yang sering gw lihat adalah www.gabeart.com
Last but not least
  • Kulkas - yeah setelah hampir 3 bulan bertahan dengan kulkas 160 liter akhirnya kami memutuskan untuk membeli kulkas besar dengan kapasitas 607 liter merk Samsung. Lagi-lagi beli di Hartono (haha Hartono ini memang love-hate banget deh ya. suka sebel sama pelayanan nya tapi harga nya menggoda iman) soalnya dengan tipe yang sama harga nya bisa beda 3,5 juta dari EC/ES. Gimana ga tergoda kan. Lagipula kulkas kan benda yang long lasting ya, mungkin 20 tahun lagi baru bakalan ganti atau mungkin seumur hidup hihi. Jadilah kita beli deh tu kulkas soalnya bete juga lama-lama sama kulkas lama. Selain emang kecil kapasitas nya, kulkas model lama itu kan yang masih ada bunga es nya di freezer ya alhasil karna kebanyakan bunga es pintu freezer nya patah karena ga bisa ditutup jadilah freezer menganga kemana-mana yang bikin kualitas daging/ayam/ikan jadi ga bagus. Belum sayuran yang juga jadi ga tahan lama. Apalagi di cluster ga ada lewat tukang sayur dan jarak ke pasar tradisional lumayan jauh jadi belanja mingguan ke pasar gw lakukan seminggu sekali. Sayuran di simpen seminggu dalam kondisi kulkas sekarang ya bener-bener ga ok lah. Cepet rusak dan layu. Untuk naro ASIP juga jadi ga sehat. Akhirnya yoweslah, dibully lagi deh ATM nya GP buat beli kulkas. Huhuhu..kasian suami ku menanggung banyak biaya (disautin GP "maka nya berenti kerja. dirumah aja ngurus suami kan bisa sambil usaha. Kalo istri di rumah, suami bakalan kerja lebih giat lagi cari uang buat anak istri" ZzzZzz)
Well itulah sekilas suka duka nya mengisi rumah. Tiris tapi happy. Hihi..doain rejeki kami berdua lancar selalu ya (kenapa juga jadi minta doain orang lain-ya ga pa"lah nama nya minta doa yaaa siapa tau ada yang khilaf nge doain kami yang bagus-bagus) amiinnn ya rabb

ps : pengen kasih foto tapi males upload (pengen liatin hasil lemari pakaian yang ga banget ituuhhh ) ntar aja deh ya pas ada mood buat foto i'll upload the Empire of the GP tour.lol

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails