Monday, February 24, 2014

Blogging from home

Yes! i am blogging from home..finally we moved into our own house since Feb 9th. Still adapted with neighborhood. No home internet connection (currently using Bolt and the signal is unstable), no water heater and cable TV isn't available yet in the area. But we're beyond happy with all of these. will give another update soon and no photos due to 'males' upload..hehehe..

ciaaoo!!


Tuesday, February 4, 2014

Hello February



Haahhh tidaakkk my baby is 8 mos now. 4 bulan lagi menuju usia 1 tahun. Haha rasa”nya ga rela bayi piyik kecil yang td nya ga bisa ngapa”in dan sangat bergantung sama t*tek mbok’e bakalan naik tingkat jd bocah yang bakal lari”an. 

Jadiiii di bulan ke 3 si bocah makan ini, kembali lagi mama nya kemakan omongan sendiri. Yang tadi nya berharap bakalan ‘patuh’ sama menu yang uda disusun sedemikian rupa akhirnya runtuh juga tiap ke supermarket. Haha..sebenernya sih dari awal pun gw uda melenceng dari menu dsa nya si bocah yang sedari awal uda bilang “nasi tim halus nya campur semua sama sayur,ikan, daging”an, telur dll” gluk! Tapi gw membangkang dengan ga kasih Rayhan protein di bulan pertama makan nya. Baru deh pas susun menu buat 7 bulan, gw masukin protein nabati di awal bulan dan protein hewani di akhir minggu ke 7. 

Kenyataan nya?

Pas ke supermarket liat belut “eh kata nya belut bagus nih” disamber dengan si ina “iya mbak kata ibu bagus tuh belut. Kasih belut aja yuk” trs bimbang “tapi kan baru 7 bulan” lalu kembali browsing dan menemukan bahwa WHO sendiri pun bilang jangan tunda pemberian daging pada periode makan pendamping pertama anak. Baiklaahhh kalau begitu, telat sebulan berarti (disambut omongan bapake “apa kata dokteerrrr kaannnn!!!”) jadilah saat itu gw beli..

IKAN PATIN.

Iyah, patin. Kata nya sih bagus. Eh anak nya doyan. Akhirnya di bulan ke 7 Rayhan uda resmi makan segala bentuk protein baik hewani maupun nabati. Untuk nabati sih standar lah tahu dan tempe. Untuk protein hewani nya : patin, ayam kampung, daging giling dan salmon. Oh iya telur pun uda gw kasih. Awal nya sih kasih telur puyuh dulu. Baru abis itu gw kasih kuning telur ayam kampung 3 hari berturut” dan pas gw liat ga ada reaksi alergi, dikasih deh sama putih nya juga dan Alhamdulillah ga ada alergi juga.  

Untuk kaldu nya, setelah nyobain kaldu ayam dan sapi sekarang gw memutuskan buat kasih kaldu sayuran aja (wortel,daun bawang,seledri,bawang putih dan daun salam). Selain hemat (hahahaha emak medit) toh Rayhan uda makan protein hewani juga kan di menu nya. Lagian takut nya kalo dikasih kaldu nya yang ayam atau daging, makanan nya akan terlalu gurih dan rasa sayur nya kalah. Rayhan uda gw cobain makan roti juga (baik roti putih dan gandum) dilunakin pake asi atau buah buat cemilan dia. Pernah juga sih coba dipanggang di microwave buat finger food dia.

Naahh untuk bulan 8 ini gw perdana nyobain dia makan oatmeal dan sumber lemak dari butter dan keju. 

Oatmeal+kaldu sayur+daging giling+bayan merah+unsalted butter+keju cheddar

Enak banget kan denger nya? (tapi sumpah enak banget kok ini). Pas pertama bikin terlalu padet jadi si bocah kaya males gitu ngunyah nya..hahaha..lama kali ya dia bosen jadi nya. Akhirnya besok nya gw banyakin kaldu sayur nya jd lebih nge bubur gitu dan keju nya gw tambahin jd setengah lembaran (gw pake prochiz, kata nya paling ga asin) eehh lahap bener doi dan habis tak bersisa. Untuk tekstur makanan, dari awal gw emang ga pernah nge blender makanan Rayhan, jadi andelin pigeon food maker aja uda cukup banget buat halusin makanan nya. Dari awalpun emang rayhan ga gw biasain makan serba halus jadi sekarang pun gw uda mulai bikin makan dia rada nge tim sesuai anjuran dsa nya. Biar bocah latihan ngunyah dan ga terus”an makan halus. Apalagi Alhamdulillah nya ada si Ina yang bantuin gw buat nyiapin mpasi Rayhan. Uda gitu anak nya punya inisiatif tinggi dan rajin baca + browsing. Jadi gw tinggal belanja segala bahan trus “nih na, terserah deh mau kamu bikin apa” ahahaha..Lalu kekhawatiran gw soal sembelit klo uda makan daging Alhamdulillah juga ga ada. si bocah tetap rutin pup tiap hari 1-2x. Yaaa inti nya sekarang makin nyenengin lah nyiapin makan buat si bocah, uda makin bisa ber eksperimen sama banyak bahan. Apalagi buat ukuran gw yang ga bisa masak kan yaaaa (padahal masakin buat si bocah pas weekend doank, itu juga kalo sempet). 

Btw, sekarang ini lagi sibuk pake banget tiap weekend. Kesana kemari sama GP dan berujung dengan nitipin si bocah terus sama nyokap atau mertua. Hiks sedih banget rasa nya kalo pas mau pergi si bocah nangis minta gw gendong..huhu..sabar ya nak..demi kamu juga niihh.

uda lama ga foto bareng anak kicik

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails