Sunday, June 30, 2013

Cerita Tentang Dokter Kandungan

Kata nya nyari obgyn itu kaya cari pacar. cocok2an. Maka nya waktu pertama kali tau hamil di bulan Oktober 2012 (test pack setelah telat 5 hari dari period September) pencarian obgyn pun di mulai. 

Dari awal emang pengen yang deket rumah aja (Bekasi) biar gampang kalo mau lahiran. Cuma 2 RS yang jadi pilihan : Mitra Keluarga dan Hermina. Dua2nya yang di Bekasi Barat. Browsing soal dokter kandungan yang di rekomendasi dari 2 RS itu trus cek jadwal praktek nya. GP prefer obgyn yang ada praktek Sabtu pagi which is di RS Mitra, sedangkan waktu lihat2 review sebenernya gw lebih sreg ke obgyn di Hermina, cuma si obgyn ini praktek nya selalu sore jadi GP bilang "kamu nanti cape kalo kontrol nya sore terus, apalagi kalo pulang kantor" yowes manut aja. Jadi lah daftar ke Mitra. Pas kontrol kesan pertama sih dokter nya ramah. Saat itu gw nanya soal flek yang gw alamin and he said " kita anggap aja ga ada apa2 dulu, nanti dilihat 2 minggu lagi" mmhh,,gw maksa nanya lagi dan akhirnya dijawab "kalau hamil muda memang suka ada yang begitu" dan bilang soal pelengketan embrio atau apalah itu. And there's the problem begin. 

Beberapa hari setelah kontrol si fleki eksis lagi. gw sms obgyn nya dan dibales dengan "istirahat,bu. Duphaston nya di minum 3x1" doeenngg..he did not even give me any prescription. langsung bbm GP buat nanya apa kemarin dikasih resep dan GP bilang engga. Jadi gw sms lagi dan bilang klo gw ga dapet resep apapun. Eehh dibales nya "ada,bu..bisa diambil di apotik" heerrrr,,entah gw yang salah apa gimana tapi saat itu juga langsung ngerengek minta pindah Hermina dan akhirnya dibolehin. Pusing kali ya si GP daripada bini nya ngomel2 mulu. Jadilah saat itu telp ke Hermina buat daftar. Dapet hari Jumat dan no 24 (itu gw telp hari Senin). Dokter nya praktek jam 5 sore, gw dateng sama GP dan nyokap abis maghrib. keputusan yang salah karna baru dipanggil jam 10 lewat. Sampe ngantuk2 nunggu dipanggil. Pas akhirnya giliran gw tadi nya uda mikir bakalan ketemu dokter tua yang uda senior gitu eh ternya masih lumayan muda, around 50 lah. Dia nanya kenapa ke dia dan gw jawab karna gw flek. Oh iya doi emang spesialis fetomaternal dan biasa nya emang banyak terima pasien rujukan. Cek dalem dan bilang kalo kehamilan gw sesuai umur, ditunjukin kantung rahim, janin dan kuning telor nya (yang ternyata buat makanan si janin selama plasenta belum terbentuk) trus dia nanya sejak kapan gw flek, gw ampe nunjukin foto flek gw sebelum berangkat ke RS dan disambut dengan ketawa ngakak doi -___-

dan ini lah penjelasan nya 

"seperti apapun warna nya, mau muda pun flek itu tetap darah. kenapa warna nya coklat muda karena dia sudah bercampur dengan udara"

saat itu gw muka gw uda ga enak tuh, uda mikir aneh2 takut miscariage segala macem dan doi ngelanjutin 

"banyak orang mengaitkan keguguran dengan kecapean 'wah kecapean tuh maka nya keguguran' atau kebanyakan naik turun tangga lalu setelah nya keguguran dibilang 'keguguran krn naik turun tangga' dll. menurut penelitian penyebab utama keguguran adalah kelainan kromosom. Jadi kalau memang dari awal kromosom nya ga bagus ya kapan saja dia bisa luruh dengan sendiri nya"

well denger itu gw lumayan relieve sih karena doi jelasin nya enak dan nenangin.  Banyak lah dia nerangin dan ga banyak pantangan segala macem. Cuma 1 : jangan makan makanan mentah. Selebih nya go ahead. Kopi dok?boleh. sehari palingan 1 cangkir kan,ga bakalan 1 galon juga kamu minum nya. ok deehh. GP nanya apa perlu gw dikasih penguat kandungan, doi jawab "ga perlu.buat apa. ga ada itu penguat kandungan segala macem" malahan pas beberapa hari kemudian flek gw muncul lagi dia bales sms gw dengan "selama bukan darah segar mengalir setengah gelas tidak apa" hahaha,,padahal itu gw uda nangis2 setengah mati gara2 temen gw bilang "flek lo termasuk banyak tuh kata bini gw" pas gw kirim foto ke dia. Tapi obgyn gw jawab gitu yauda gw jadi tenang. kesan nya emang nyantai banget ya, tapi buat gw yang parno an sih dapet obgyn model begini ya cocok banget. Akhirnya kita mutusin buat lanjut kontrol sama doi aja. Apalagi mengingat hamil gw ga bisa dibilang lancar jaya (sempet flek di minggu 5-7, di vonis DMG di kehamilan 20an minggu dan karna kebablasan diet yang ada si baby yang awal nya datas rata2 berat nya jadi kurang di trimester 3 sampe akhirnya ngalamin yang nama nya ketuban kurang sampe 7) jadi ditanganin sama spesialis feto sih ok lah. That's why juga gw berani buat liburan ke Korea saat hamil 11 minggu, usia yang dianggap masih rawan buat naik pesawat. Abis si pak dokter ga ngelarang sih.

Yang bikin cinta lagi sih karna doi kalo periksa ga buru2 terus komunikatif banget walaupun sebenrnya doi tipe dokter yang if everything is on the track he wouldnt say anything. tapi tiap kontrol selalu nanya "apalagi yang mau ditanya" dan selalu positive thinking jadi nenangin banget. Trus telitiii,,pas hamil 12 minggu doi uda bilang kalo anak gw cowo,,hihi. RUM juga, selama hamil gw cuma dikasih folamil sama elkana dan OBH combi pas gw batuk oh sama penambah darah pas trimester 3 karena HB gw rendah. Doi juga ga pernah nge print USG (sekali doank pas kontrol pertama) selebihnya disimpen dan dikasih dalam bentuk CD pas selsai lahiran jadi cuma bayar 15 ribu. Tiap kontrol selalu dikasih liat 4D tapi di charge nya cuma 2D. ga money oriented lah,,baiknya obgyn ku mengerti kondisi keuangan pasien hahaha. Oh iya doi juga selalu rekomen ke klinik laktasi sebelum lahiran dan saranin KB setelah persalinan.

Inti nya rekomen banget lah buat bumil berdomisili Bekasi dan Jakarta Timur yang lagi cari dokter kandungan. Pokok nya we love you so much dr Yudianto Budi Saroyo Spog (K). Anak ke 2 InsyaAllah ketemu lagi yaaa,,amiinn.

8 comments:

  1. Iya ih obgyn tuh cocok-cocokan ya..obgyn gue yang sekarang banyak yang bilang cuek karna udah kebanyakan pasien, tapi sama gue ko perasaan baik-baik aja dehhh..malah perhatian bangettt hahaha

    Wiiii udah program anak ke-2 nih? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cha bener emang cocok2an hahaha,,sepupu gw malah cocok banget sama obgyn yg pertama gw datengin.

      belum cha gw langsung IUD kok. obgyn gw sih nyaranin 2 tahun lagi klo mau punya anak ke 2..hihi

      Delete
  2. Mbak tissa maaf mau tanya wkt mbak ngeflek stlh ke dr.yudiyanto solusi dari dr.yudiyanto apa ya mbak secara ga diksh obat juga dari beliau??saya mengalami hal seperti mbak beberapa ganti obygn tp msh sama ttp ngeflek Usia kandungan saya 8weeks,saya dihermina jg rencananya mau pindah ke dr.yudiyanto

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak maaf late reply banget..ga ngeh kalo ada komen. secara tindakan sih sbnrnya dr Yudi ga kasi terapi apa2 ya mbak karna dia selalu berpatokan sama kromosom awal jadi ga mesti gimana2 sih. yang penting kita bisa ngukur diri kita kalo dirasa cape ya istirahat. soalnya aku juga dulu ga disuruh bed rest dll jadi ya aktivitas biasa aja. maaf kalau kurang membantu :)

      Semoga flek nya cepet berenti dan diberikan kesehatan sampai lahiran nanti ya mbak :)

      Delete
  3. Aku jg pk dr Yudianto budi saroyo. Super recommended n detail. Baik, nenangin dan seperlunya. Ga smbarangan ka obat2an. Super sukaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai..iya favorit banget sama dokter Yudianto :) walaupun kadang suka greget karna terlalu nyantai ya hihi

      Delete
  4. Halo Mba, salam kenal ya
    dr Yudianto nya pro normal gak yah?
    Lg cari dokter di Hermina yg pro normal nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba..pro normal kok :)..aku lahiran pertama c-sec krn pas lahiran ga sama dr yudi soalnya dia lg keluar kota, alhamdulillah yang ke 2 bisa normal karena dr yudi encourage pasti bisa (as long as ga ada komplikasi selama hamil)..selain dr yudianto,di hermina juga ada dr yuditia yang juga pro normal (mereka sama2 spesialis fetomaternal di RSCM juga)

      hope it helps ya :)

      Delete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails